PENGERTIAN
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Pengertian sejarah secara etimologi
yaitu dari bahasa arab “syajara” yang berarti “terjadi”,
atau “syajarah” berarti “pohon” atau
“syajarah al nasab”
yang berarti pohon silsilah. Dari
bahasa latin dan Yunani sejarah beasal dari kata historia, yang berarti orang
pandai.
Menurut Zuhairini kata sejarah dari
bahasa Arab disebut tarikh, secara etimologi berarti ketentuan masa dan
perhitungan tahun.
Yang dimaksud ilmu tarikh adalah
suatu pengetahuan yang gunanya untuk mengetahui keadaan-keadaan atau
kejadian-kejadian yang telah lampau maupun yang sedang terjadi dikalangan umat.
Variabel sejarah ada 3 yaitu
peristiwa atau fakta, tersimpan, terjadi dimasa lampau dan adanya efek dimasa
sekarang.
Definisi sejarah pendidikan islam
adalah kata pendidikan. Pendidikan dalam arti luas adalah bimbingan yang
dilakukan oleh seseorang terhadap dirinya sendiri, seseorang terhadap orang
lain atau oleh lingkungan terhadap seseorang. Pendidikan dalam arti sempit
adalah bimbingan yang dilakukan seseorang yang kemudian disebut pendidik,
terhadap orang lain yang kemudian disebut peseta didik.
Sejarah pendidikan islam adalah
proses pewarisan dan pengembangan budaya umat manusia dibawah sinar bimbingan
ajaran islam, yaitu yang bersumber dan berpedomankan ajaran islam.
OBJEK DAN METODE MEMPELAJARI SEJARAH
PENDIDIKAN ISLAM
1. Objek Sejarah Pendidikan Islam
Objek sejarah pendidkan islam adalah
fakta tentang tujuan pendidikan, materi pendidikan, metode pendidikan,
pendidik, peserta didik, media pendidikan, evaluasi, lembaga pendidikan dan
lingkungan pendidikan sejak proses pendidikan yang diselengggarakan oleh
nabi Muhammad Saw.
2. Metode Mempelajari Sejarah
Pendidikan Islam
Metode mempelajari sejarah
pendidikan islam ada 2 yaitu metode deskriptif, komparatif, analisis sintesis.
Metode deskriptif dirancang untuk
mengumpulkan informasi tentang keadaan-keadaan nyata yang ditujukan untuk
menggambarkan sifat suatu keadaan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala
tertentu dan hanya mengukur apa adanya.
Tujuan metode deskriptif adalah
untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan
akurat mengenai fakta-fakta , sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang
diselidiki.
Metode komparatif untuk
mengidentifikasi atau membedakan fakta yang satu dengan fakta yang lain,
berusaha mengidentifikasi hubungan sebab akibat, dan membedakannya antara fakta
yang satu dengan fakta yang lain dan kemudian berusaha mengobservasi pengaruh
atau akibatnya terhadap atau beberapa fakta selanjutnya.
Metode analisis berarti cara untuk
mengidentifikasi, memisahkan dan membedakan komponen-komponen atau
elemen-elemen suatu fakta, konsep, pendapat, asumsi, hipotesa, atau kesimpulan,
dan memeriksa setiap komponen tersebut untuk melihat ada tidaknya kontradiksi.
KEGUNAAN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Sejarah pendidikan islam memiliki
kegunaan sebagai faktor keteladanan. Dengan mempelajari sejarah pendidikan
islam , umat islam dapat meneladani proses pendidikan semenjak zaman kerasulan
Muhammad Saw, zaman Khulafaur Rasyidin, zaman ulama-ulama besar dan para pemuka
pendidikan islam.
Kegunaan studi sejarah pendidikan
islam itu adlah untuk :
1. Mengetahui dan memahami
pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam sejak zaman lahirnya sampai masa
sekarang
2. Mengambil manfaat dari proses
pendidikan islam, guna memecahkan problematika pendidikan islam pada masa kini
3. Memilki sikap positif terhadap
perubahan-perubahan dan pembaharuan-pemabaharuan sistem pendidikan islam
PERIODISASI SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Periodisasi pendidikan islam dibagi
menjadi 5 periode, yaitu:
1. Periode pembinaan pendidikan
islam, yang berlangsung pada zaman nabi Muhammad Saw
2. Periode pertumbuhan pendidikan
islam, yang berlangsung sejak nabi Muhammad Saw wafat sampai akhir bani Umayyah,
yang diwarnai dengan berkembangnya ilmu-ilmu haliyah
3. Periode kejayaan pendidikan
islam, yang berlangsung sejak permulaan daulah Abbasiyah sampai dengan jatuhnya
Baghdad, yang diwarnai oleh berkembangnya ilmu aqliyah dan timbulnya madrasah,
serta memuncaknya perkembangan kebudayaan islam.
4. Periode kemunduran pendidikan
islam, yaitu sejak jatuhnya Baghdad sampai jatuhnya Mesir ketangan Napoleon,
yang ditandai dengan runtuhnya sendi kebudayaan islam dan berpindah pusat
pengembangan kebudayaan ke dunia barat
5. Periode pembaharuan pendidikan
islam, yang berlangsung sejak penduduk Mesir oleh Napoleon sampai masa kini,
yang ditandai dengan gejala kebangkitan kembali umat dan kebudayaan islam.
Apabila periodisasi sejarah
pendidikan islam di Indonesia didasarkan pada periodisasi sejarah islam di
Indonesia, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Pendidikan islam di Indonesia
pada awalnya masuknya islam ke Indonesia
2. Pendidikan islam di Indonesia
pada masa pengembangan islam di Indonesia
3. Pendidikan islam di Indonesia
pada masa berdirinya kerajaan-kerajaan islam
4. Pendidikan islam di Indonesia
pada masa penjajahan Portugis, Belanda dan Jepang
5. Pendidikan islam di Indonesia
pada masa kemerdekaan
6. Pendidikan islam di Indonesia
pada masa pengembangan
7. Pendidikan islam di Indonesia
pada masa reformasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar